Selasa, 15 Februari 2011

P-IMPEDANCE

Karakterisasi reservoar merupakan proses dalam penentuan sifat fisis (sifat fisis tersebut dapat berupa porositas, permeabilitas, saturasi fluida, dan lainnya) dan perubahan distribusi reservoar tersebut. Model merupakan sesuatu yang memberikan perbandingan pada sebuah observasi, digunakan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik dari sebuah observasi, model dapat berupa koseptual, fisis dan matematis (Sherrif 2006). Impedansi akustik merupakan parameter fisis yang diekstrak dari nilai respon kecepatan gelombang seismik (vp) dikalikan dengan densitas batuan atau juga sering kita kenal dengan p-impedance.

Proses inversi merupakan proses pembalikan data seismik yang berupa time (domain waktu) menjadi model fisis yang kita inginkan. Dalam hal ini kita akan melakukan proses inversi untuk mendapatkan model impedansi akustik.


Gambar1. Skema umum proses inversi (Sheriff, 2006)





Dalam melakukan proses inversi kita memerlukan data log (sumur) yang harus kita korelasikan dengan data seismik, proses pengikatan data log (sumur) dengan data seismik ini memerlukan pengekstraksian wavelet (wavelet extracting) yang digunakan untuk merubah data sonic log menjadi data sintetik seismogram.

Seperti kita ketahui RC (Rreflectivity coefficient) merupakan perubahan koefisien

dari perubahan impedansi antar batuan:




Maka untuk merubah data log sonic men

jadi data sintetik seismogram diperlukan proses dekonvolusi yang merubah data log sonic (depth domain) menjadi data sintetik seismic (time domain).


Gambar 2. Proses inversi dari data seimik menjadi model AI (Jason Manual, 2003)

Impedansi Akustik dapat digunakan dalam:

  1. Sebagai indikator litologi batuan.
  2. Memetakan litologi dan persebarannya dengan cukup akurat.
  3. Sebagai indikator porositas.
  4. Identifikasi fasies seismik.
  5. Pembentukan model geologi bawah permukaan dengan berdasarkan data seismik dengan data sumur sebagai pembatas.
  6. Sebagai Direct Hidrocarbon Indicator (DHI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar